Momen

Dalam sebuah ruang tanpa koma, momen-momen dirikku berserakan bagai puing-puing seusai ledakkan. Jalanan jadi berantakan. Kondisi jadi carut marut. Aku jadi gusar memperhatikannya. Harus rapi-rapi. Namun pula jadi dilema; mana yang ku buang atau ku simpan?

Jauh dari itu, dalam bungkam akan ku cari tahu. Mana momen yang membantu, atau yang hanya bikin sembilu. Itu pilihan, atau kejutan? Mataku menyapu ruang. Sepertiga dari mereka bercorak, menyilaukan mata sampai terasa ke ulu hati. Sepertiga dari mereka berwarna gelap, suram hingga menyakitkan dada ke lambung. Sisanya hanya tergeletak tanpa nama. Berwarna abu nyaris jadi debu. Mungkin itu momen ketika ku tak tahu; harus bahagia atau sengsara.

Langkah demi langkah mengantarku pada tumpukan momen yang lain. Seperti pasir, momen-momen itu, memunjung bak reruntuhan bangunan yang digodam. Kecil-kecil dan banyak sekali. Dari ribuan, atau bahkan jutaan kepingan momen itu, ada yang mampu menarik rasa ingin tahuku. Di kejauhan sana, ada kepingan putih transparan tak berwarna. Ia bagaikan cermin, memantulkan diriku, merefleksikan langit di atas kepalaku. Momen apa ini? Momen ketika aku merasakan apa? Momenku bersama siapa? Aku menengadah sejenak ke langit-langit–ruang kosong ini; langit-langit diriku, langit-langit padamu..

Ah.. aku tau…

Momen yang hanya memantulkan usaha dan doa-doaku… Momen yang hanya berwarna ketika aku telah mendapatkannya… Momen yang kuncinya ada pada diriku. Ada pada perjuanganku.. Momen yang mampu ku bentuk, jadikah perak ataukah gelap..

Momen itu..
Adalah ketika aku berharap.

Dan momen itu..
Akan terus transparan, sampai aku berani bergerak.

-Di Samping Hujan

Advertisements

13 thoughts on “Momen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s