Berlama-lama

Jajak demi jajak aku telusur, melewati kabut hingga hijau-hijauan tak lagi nampak hijau.Erat tanganku memeluk satu sama lain, mencari sisa-sisa hangat yang sekejap tadi ada, namun kini hilang tak berbekas. Sepuluh pasang sayap burung hantu mengepak-ngepak. Rambatan akar gantung seperti lengan yang siap mencekik. Sesekali kerikil pada kaki nampak mencubit-cubit. Menggerogoti nyali. Membuat mual mata ingin berdali.

Tertegun. Atau, jangan! Kalau tidak orang-orang jahat siap berbual manis. Menghipnotis!

Pada nyatanya, memang mungkin jalan ini akan selalu hening dan mencekam. Penuh bualan dan dusta. Kadang kala kamu tergoda, untuk sesekali mampir pada yang bukan seharusnya. Kejamnya mereka menipu, yang mana level tertingginya adalah memberimu mukjizat buta dan tuli. Hingga lupa di mana hakikatnya kamu harus berdiri. Di mana harusnya kamu menyalakan pijar kebenaran. Di mana kamu harus menyalahkan yang salah, dan membenarkan yang tak sama sekali salah.

Menakutkan.

Tanpa pedoman, banyak yang telah tumbang. Atau mereka hanya sibuk berkeliling tiada tujuan. Hilang asa, hilang arah. Kamu tau namun enggan. Sebab kamu Malahan bercita-cita untuk menjebloskan kawannya ke dalam jeratan yang sama. Sungguh, hidup yang kamu artikan sebagaimana mestinya memang tak ada artinya. Otak-otak yang berandai-andai itu kini mati, begitu juga hatimu hingga tak ada yang bisa kau cari tau dalam dirimu sendiri. Yang kau lakukan hanya diam di situ. Mencibir yang tak mengikuti jalanmu.

Ampun, lagi.

Mungkin aku memang sinting, karena aku bukan seseorang yang terus berjalan lurus. Aku mungkin sama denganmu, karena memang tak ada putih atau gelap. Yang ada hanyalah abu-abu.

Tapi.. tidakkah sedikit saja kau buka matamu?
Titik cahaya, aku yakin kau saksikan berkali-kali. Namun kau enggan untuk beranjak.. Kau diam di tempat..

Kawan.. tidakkah kau ingin bersama-sama mencari kebenaran? Tidakkah kau penat berlama-lama duduk diam tersesat?

===

Aku Sedang Di Dunia Entah Berantah
-Di Samping Hujan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s