Kertas dan Pena

Sebuah pena dan secarik kertas beradu asal. Mengeluhkan segala siratan sembarangan. Sesuka hati, menari-nari, meliuk dan berputar dalam jemari. Banyak tanda tanya diatasnya, begitupun tanda seru dan koma. Tak ada titik, namun jika titik-titik tak terhitung jumlahnya. Ada yang patah hati, sepertinya. Atau cemburu. Atau menyesal. Atau jatuh cinta. Atau berdoa. Ada seseorang yang sedang dalam masa sulit, namun tak bisa bicara apa-apa dengan sesuatu yang sejenis dengannya. Ada seseorang yang terlalu banyak memikirkan suatu hal dalam kepala, namun tak bisa dikeluarkan secara sempurna. Hingga membuat orang lain salah kira, dan balik membenci dirinya. Makanya dia diam. Makanya dia hanya menulis. Hingga pena dan kertas-kertas itu lelah memuntahkan isi kepalanya. Hingga mereka malas bergerak, namun nyatanya kerangka pikir seseorang itu belum berakhir. Bahkan berantai, merembet ke hal yang lebih rumit. Hal yang tak bisa dipecahkan karena rumusnya belum ditemukan. Hal yang mengeliang hingga membuat diri serasa setengah gila, karena hari-hari habis ditelan itu-itu saja. Hal yang jauh dari kata rasional, namun diambil pusing tujuh keliling. Semuanya.

“Sudah?” tanya si pena, penuh peluh dan kesal.

“Untuk hari ini. Kapan-kapan, lagi, ya? Kau tau.. Aku buruk dalam bercerita lisan pada orang-orang, dan ujungnya, mereka akan salah persepsi. Aku tak mau itu terjadi..”

Pena menghela napas, begitu pula kertas-kertas yang kini telah berkoloni, dan tak selembar lagi. Mereka berkespresi serupa.

Seseorang itu diam sejenak, menatap keduanya lamat-lamat, kemudian tersenyum simpul.

“Terima kasih, banyak..”

===

Kau yang Membaca, Dapat Salam dari Kertas dan Pena
-Di Samping Hujan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s