Supermoon

Langit merupakan tempat peraduan terluas di atas kepalamu. Ia melihat segala apa yang Kamu lakukan pada lapang rumput atau pada jalan-jalan aspal basah sehabis hujan. Ia menangkap semua suara, sekalipun itu hanya bisikan doamu pada pukul dua pagi. Ia melihat jutaan atau milyaran orang yang tenggelam dalam kegiatannya sendiri. Begitu juga benda-benda yang berhamburan di dalam langit itu: awan-awan, burung-burung, matahari, bintang, bulan.. Mereka berada pada satu tempat namun sama sekalipun tak pernah duduk bersebelahan. Jikalau pernah, itu adalah kejadian langka, hingga terciptalah fenomena yang disebut gerhana, atau semacamnya.

Nee, aku tak pernah melihat langsung kejadian dimana bayang bumi dimasuki oleh bulan. Namun tiap kali ia utuh pada tanggal belasan, nampak temaram membiaskan kekuningan dan semburat cahayanya menerangi daun-daun pohon mangga depan rumahku, aku suka berpikir-pikir..

Apakah Kamu melihatnya juga?

Sekalipun mungkin bermil-mil jauhnya jarak kita, tak mengenal rupa dan suara, pernahkah Kamu berimaji kalau aku juga saat itu memandang bulan, menyampaikan telepati lalu penuh harap agar dapat dipantulkan padamu? Aku sering berpikir seperti itu saat melihat satelit kuning penuh jelita. Bersama bulan itu, aku menganggapmu dekat sekali. Tak peduli nyatanya antara kita ada laut atau samudra, melewati lembah dan kaki gunung, Kamu masih bisa melihat apa yang aku lihat pada langit itu. Kamu masih bernapas di bumi ini, singgah pada tempat yang sama dengan tanah yang aku pijak. Berlindung di bawah langit yang sama.

Eh, atau bahkan, selama ini Kamu selalu ada di sampingku?

Aku tak tau, tapi tiap kali purnama, maka bulan menguatkan dan meyakiniku,
Kalau kita hanya terpisah oleh jarak, yang suatu saat akan enyah karena perjuangan dan waktu.

===

Diinspirasikan oleh Fujita Maiko, Supermoon

-Di Samping Hujan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s